Adaptasi.

October 02, 2019


3 tahun,
berbagi duka, ceria, cerita dan juga asa. itu kurun waktu yang cukup lama kan ya? ditambah lagi masa itu dirangkum dalam satu peristiwa yang seringkali kusebut sebagai kisah SMA.

yang kuingat, masa itu tidak begitu banyak beban yang kupikul namun tidak ringan pula. Aku yakin, banyak sekali kisah yang tersimpan dan terputar kembali ketika kalian juga mendengar kata SMA.

Karena, hal itu juga terjadi denganku.

Ya, nyatanya, hal itu pernah kurasakan saat akhirnya aku harus beranjak dari bangku menengah atas menuju bangku kuliah.

intermezzo sedikit, jujur, aku ini, si manusia overthinking, gimana enggak? aku udah mikirin gimana rasanya berada di bangku kuliah sedari SD. ehh pas udah di kuliah rasanya mau balik SMA aja, ada yang sama?

memasuki awal semester. aku sering banget tuh ngerasain yang namanya susah move on, susah move on dari masa SMA ke Kuliah maksudnya. tiap ada yang bahas SMA, mulailah jiwa clingyku ini muncul.  Yang tadinya kerjaannya cuma sekolah-ekskul-rebahan berubah 180derajat jadi PPrumahkampus16KM-Kuliah-Himpunan-Nugas, bener2 ngebuat aku bergemelut dalam hati "ini apaansih? kok capek banget sih? ya allah mana temen-temennya gak deket sm aku"
fix, rasanya pengen balik SMA aja ya Tuhan.

ya begitulah kira2 yang aku rasain dulu. cuman setelah sekarang aku udah masuk ke semester 7 (yang mana itu membuatku terdengar sangatlah tua) jadi ngerenung dan mikir.

Aku mikir, ya itulah yang namanya proses hidup, gak mungkin kita cuma stuck dalam satu keadaan dan zona nyaman terus menerus. Kita harus bergerak dan dalam pergerakan itu, kita difasilitasi dengan satu kemampuan yakni Ber-ADAPTASI.

Menyesuaikan diri dengan keadaan dan lingkungan. memang gak mudah dan butuh waktu, tapi ingat, semua itu hal yang normal dan wajar. Kebanyakan, mahasiswa baru itu kepikiran terus karena menganggap dirinya itu gak sanggup beradaptasi, no, you guys are not like that. Inget ya, beradaptasi itu butuh proses.

asal kalian mau sabar dan belajar dari kesalahan kalian saat berusaha beradaptasi, maka itulah yang akan nganterin kalian menjadi sosok yang lebih baiklagi nantinya.


[ 2 Oktober 2019 ]
diketik sembari mendengarkan lagunya 5SOS dan memakai moist aloevera punya wardah.
with love,
author.












You Might Also Like

0 komentar